Talitha Fainaya Rahma, Beswan BBM yang Siap Mendunia

21 hari yang lalu. 0 pembaca.

Talitha Fainaya Rahma, akrab dengan sapaan Talitha, perempuan muda asal Depok kini sedang belajar di negeri ginseng. Mahasiswa Psikologi Universitas Indonesia ini sedang mengikuti program pertukaran pelajar (exchange) ke Ajou University, Republic of Korea  dengan beasiswa Global  Korea Scholarship (GKS) 2022 yang diselenggarakan oleh National Institute for International of Education (NIIED).

Untuk mengikuti program tersebut, Talitha melakukan beberapa tahap seleksi, baik dari Universitas Indonesia sebagai home university, Ajou University sebagai host university, dan NIIED selaku penyelenggara GKS. Ia perlu mempersiapkan beberapa dokumen untuk apply beasiswa ini, antara lain: motivation letter dalam bahasa inggris untuk International Office UI, motivation letter dalam format GKS, study plan dalam format GKS, personal statement dalam format GKS, transcripts selama di UI, Medical clearance form, sertifikat bahasa inggris, application form. 

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan semua dokumen tersebut kurang lebih hanya 4 hari, jadi perlu banyak latihan dan persiapan sebelum apply beasiswa. Talitha menuturkan, tips agar lolos beasiswa adalah perbanyak riset tentang essay yang diperlukan untuk beasiswa. Perbanyak latihan menulis essay dalam bahasa inggris, dan kalau bisa harus mempersiapkan sertifikat bahasa inggris sebelum mendaftar beasiswanya, seperti IELTS atau TOEFL iBT.  At the end of the day, the most important thing dalam mempersiapkan beasiswa adalah rencana yang matang, baik dalam mempersiapkan dokumen, mengasah alur berpikir untuk essay, dan kemampuan menulis dalam bahasa inggris yang runtut dan benar. 

Hal yang mendorong Talitha untuk daftar beasiswa ini adalah ia ingin mendapatkan international exposure untuk membuka pikiran dan mindsetku tentang dunia. Ia meyakini bahwa kesempatan ini akan menjadi life-changing experiences yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Penulis
avatar

Admin Mai Institute

Cover
Event Mai Institute
About
Address

Jl. Mampang Prapatan No.61 Mampang Prapatan Jakarta Selatan, 12790

Program
Donasi
Contact Us

Telephone : 021- 2279 3300 Fax : 021- 2279 3300


Social Media

Luma

Copyright 2022 © Developed by Hosting Website Bandung.